Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Alasan Logis Tentang Beberapa Hal yang Dianggap Pamali

Hello Sobat, kembali lagi nih saya mau berbagi tentang beberapa hal menarik yang seringkali kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang dianggap pamali karena alasan-alasan tertentu yang disampaikan orang-orang tua zaman daholoe kalao yang mungkin terkesan kurang logis vs alasan logis yang sebenarnya lebih bisa kita percaya untuk tidak membantah pamali tersebut karena bisa menimbulkan efek buruk bagi kita.

Nah sebelum itu, tahukah Sobat sebenarnya apa itu pamali? Kalau Sobat mencari arti kata pamali di dalam KBBI maka tidak akan Sobat temukan karena saya telah mencobanya. Namun jika kita mengambil dari pengerian sehari-hari maka pamali itu adalah pantangan-pantangan yang sering dikatakan oleh para tetuah kita tentang beberapa hal yang harus kita hindari karena bisa menimbulkan bencana. Pamali ini biasanya disampaikan oleh orang-orang tua terutama orang-orang Jawa. Saya kurang tahu dengan suku lain seperti apa tapi kalo orang Jawa jelas hal-hal seperti ini masih ada sampai sekarang karena keluarga besar saya yang notabene Jawa Tulen masih sering mengatakan tentang hal-hal seperti ini. Jika saya boleh berpendapat, ada kemungkinan pantangan-pantangan tersebut pernah dilanggar dan akhirnya orang yang melanggar mendapatkan suatu hal buruk yang sebenarnya bukan karena alasan pamalinya tapi memang Allah sudah menghendaki terjadinya hal tersebut. Tapi mungkin kejadian tersebut sering terjadi sehingga orang-orang dulu atau orang-orang yang sudah tua yang sering mengatakannya tersebut, percaya dan meyakini yang terjadi karena alasan-alasan yang mungkin jika kita nalar hal tersebut kurang sesuai. Namun saya kira ini berdasarkan keyakinan saja. Bagi yang terlanjur meyakininya ya monggo tak masalah tapi saya ingin menghadirkan infromasi lebih logis mengenai alasan mengapa hal-hal di bawah ini dianggap pamali untuk dilakukan.

Beberapa hal tersebut antara lain :
  • Berpindah tempat pada waktu makan 

Janganlah berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak berakibat akan mendapat ibu tiri. Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai, kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.
Nah kalau hal di atas adalah pamali dari orang-orang terdahulu. Tapi jika menginginkan alasan lebih logis, adalah sebagai berikut :
Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani berkata: “...apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan..."
Dr. Brahim Al-Rawi berpendapat bahwa manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras agar mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan sebagai syarat tepenting pada saat makan dan minum. Ketenangan ini bisa dihasilkan pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.

  • Berselimut dengan tikar
Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.
Untuk alasan logisnya adalah seperti ini :
Ketika kita tidur di lantai dengan berselimut tikar, misal itu pada saat udara dingin maka bisa-bisa kita masuk angin. Kalau sudah begitu bisa menimbulkan penyakit berat lainnya misal  darah tinggi dan stroke. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang kulitnya sensitif, Anda bisa kenak penyakit "bidur" yakni muncul benjolan-benjolan seperti gigitan nyamuk namun lebih besar,lebih merah,lebih gatal. Selain itu bisa juga berdampak pada kulit Anda yakni menimbulkan kerusakan kulit karena meningkatnya hormon kortisol yang memecah kolagen, dapat juga meningkatkan risiko depresi serta dapat memicu obesitas.Belum lagi jika di tikar terdapat hewan-hewan kecil,hiihhh bisa terkena gatal-gatal akut.


  • Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.
Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan hal ini. Belum ada korelasi yang jelas antara jumlah dan posisi saat berfoto menjadikan kematian lebih dini. Saya rasa Anda akan setuju dengan saya bahwa umur itu milik Allah dan kapanpun Dia mau kita bisa dipanggil. Saya malah memiliki referensi berkebalikan dengan hal ini bahwa sebenarnya Allah malah menyukai jumlah ganjil. Bukti-buktinya :
  1. Nama-nama agung untuk Allah SWT yang disebut juga Asmaul Husna terdiri dari 99 nama, Karena Allah SWT menyukai angka ganjil. Hal ini tercantum dalam hadist HR . Buchary-Muslim, yaitu Dan Allah memiliki Sembilan puluh sembilan nama seratus kurang satu, barangsiapa menghitungnya (menghafal dan mentafakurinya) akan masuk surga. Dia itu Witir (ganjil) dan menyukai yang ganjil . 
  2. Shalat witir selalu mempunyai angka ganjil yaitu 1 atau 3 rakaat. Shalat witir adalah shalat sunnat penutup shalat yang lain. Seperti dalam hadist Hasan diriwayatkan oleh Abu Daud dan Turmudzi bahwa Sesungguhnya Allah itu witir (esa/ganjil) dan suka pada yang ganjil. 
  3. Langit dan bumi terdiri dari 7 lapis. Angka 7 adalah angka ganjil. Seperti dalam Alquran:Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi (QS. 65:12), dan Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (QS.71:15) 
  4. Nabi Yusuf bermimpi bahwa ia melihat sebelas bintang, matahari dan bulan sedang bersujud kepadanya. Dalam hal ini disebutkan angka 11 yang merupakan angka ganjil dan tercantum dalam surat Al-quran (QS.12:4).
  5. Kita tahu bahwa dalam sepekan ada tujuh hari, begitu juga dengan neraka jahanam yang mempunyai tujuh pintu dan tujuh puluh ribu tali kendali. (HR. Muslim). Disini disebutkan kembali angka ganjil yaitu 7. (sumber :http://funnie.blogdetik.com) 
  • Bangun Tidur terlalu siang
Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali.
Wah kalau yang satu ini sudah banyak pendekatan medis yang memang melarang kita bangun tidur pada saat siang, diantaranya :
  1. Masalah Metabolisme. Jika Anda tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.
  2. Lesu. Tidur berlebihan akan membuat Anda merasa lesu karena metabolisme Anda masih bekerja dalam 'set' malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika Anda benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.
  3. Kehilangan Waktu Produktif. Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Anda masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.
  4. Disorientasi. Tidur terlalu lama membuat Anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Anda merasa lapar.
  5. Sakit Kepala. Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Anda tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Anda ingin tidur lebih lama.
  •  Bersin sewaktu akan bepergian
Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan kendaraan atau tidak setelah bersin. Paling tidak anda menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi, karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka diperjalanan.
Jika kita tahu sebenarnya bersin itu terjadi karena ada partikel pengganggu dalam hidung Anda. Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang Anda bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut. Penyebab lain adalah udara dingin atau sakit flu. Pada saat sakit flu, banyak partikel asing di dalam hidung Anda sehingga memaksa hidung merangsang bersin. Yang perlu Anda tahu tentang bersin yaitu kecepatan udara saat Anda bersin mencapai 166 kilometer per jam. Lalu saat bersih Anda akan mengeluarkan sampai 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme. Nah ketika menyetir, Anda dihadapakan pada posisi harus konsentrasi tinggi dan menggunakan kedua tangan Anda untuk menyetir. Jika pada saat menyetir Anda bersin-bersin terus, bisa dibayangkan Anda akan kehilangan konsentrasi Anda dan berusaha mengusap ingus. Anda akan berusaha menggunakan tangan Anda meskipun dalam waktu cepat namun ini sangat berbahaya bukan? Ketika konsentrasi Anda menuru, bisa jadi pandangan Anda juga akan mengalami gangguan, badan Anda mungkin bisa lemas karena terlalu sering bersin dan bersin yang mendadak bisa mendorong tubuh Anda. Jika posisi Anda dalam kondisi menyetir, bisa dibayangkan bukan?

  • Gadis keramas di hari Sabtu
Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa.
Kalau yang satu ini, tidak ada hubungan logis dan  relevan antara hari Sabtu dan keramas karena keramas tidak didasarkan pada hari. Kalau memang rambut sudah kotor mengapa tidak keramas pada hari Sabtu? Kalau habis kecebur got, masak nunggu besoknya baru keramas?(Nah lhooo). Trus penting juga, bagi wanita muslim kalau sudah berhenti haidnya dan ingin segera beribadah masak nunggu keesokan harinya?(hayooo)

Nah itu beberapa hal yang bisa saya bagi. Mungkin lain kali bisa diupdate lagi terkait masalah ini.  Yang jelas saran bagi Anda, percaya dan yakinlah pada Allah saja karena itu akan lebih mendatangkan rahmad. Dan lagi jika kita percaya pada Allah maka jika ada apa-apa Allah yang sendiri yang akan menjamin keselamatan kita.










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar