Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Menjadi Sesuai Keinginan Hati

Memilih profesi sesuai keinginan hati merupakan idealnya dalam hidup. Seperti ketika beberapa diantara kita yang berkeinginan menjadi seorang masinis. Bukan hal mudah menjalani profesi tersebut. Panggilan hati menjadi unsur penting juga.

Gambar 1. Seorang masinis sedang mengemudikan kereta api

Mengemudikan kereta api dan membawa nasib nyawa orang merupakan tanggung jawab yang amat besar. Jika ditunjang fasilitas kereta api yang memadai tentunya masih mendingan tapi akan sangat memprihatinkan jika menjadi masinis dengan kereta api yang fasiltasnya seadanya. Dari banyak kasus kecelakaan kereta api yang terjadi, kebanyakan ujung dari kasus tersebut, masinis ditetapkan sebagai terpidana oleh polisi. Padahal jika dikaji lebih lanjut,belum tentu demikian. Bisa saja kereta api yang mesinnya sudah tak layak menjadi penyebab. Kurangnya perhatian terhadap hal tersebut seringkali menjadi boomerang.

 
Gambar 2. Kecelakaan kereta api

Dengan resiko sebesar itu harusnya masinis diberi gaji sebagai ganti resiko tersebut dengan layak. Tapi rupanya kesejahteraan bagi masinis masih belum begitu dipedulikan. Berdasarkan keterangan dari menteri BUMN, gaji masinis per bulan sekitar 7-9 juta. Mungkin ada gaji tambahan lain seperti gaji resiko,tunjangan dan lain-lain yang besarnya mencapai 828 ribu.Itu ketika gaji masinis masih sekitar 3-4 juta. Entah bagaimana sekarang! Sehingga dengan keadaan yang demikian,masinis memilih menambah profesi sampingan di luar jam kerja untuk menambah penghasilan mereka demi memenuhi kebutuhan hidup. Di samping itu,adanya mahkamah profesi juga diperlukan dalam profesi sebagai masinis. Seperti pada nahkoda yang telah memiliki mahkamah profesi. Sehingga ketika terjadi kecelakaan kereta api,masinis tidak serta merta diperslahkan. Jika memang masinis terbukti bersalah,memang perlu tindakan lanjut tapi jika belum tentu kesalahan masinis maka tidak sewajarnya masinis dijadikan kambing hitam atas kecelakaan yang terjadi.

Gambar 3. Pilot sedang mengemudikan pesawat terbang

 
Gambar 4. Pesawat dan kereta api

Jika dibandingkan dengan gaji seorang pilot yang berkisar 46,9 jutaan maka ini sangat jauh sekali perbandingannya. Memang disadari bahwa menjadi pilot juga bukan profesi remeh temeh karena alat-alat pengendalinya juga lebih canggih dan berbau teknologi. Itu juga mungkin yang menyebabkan pilot gajinya lebih mahal. Apalagi sekolah pilot juga membutuhkan biaya mahal.Tapi terlepas dari itu menjadi pilot ataupun masinis adalah profesi yang membawa resiko sehingga sudah selayaknya mendapatkan kesejahteraan yang sesuai pula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar