Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Senandung Kata Cinta


Berbicara tentang hati sungguhlah hal sulit untuk dilakukan. Ini tentang bagaimana cara kita mengekspresikan apa yang kita rasakan dengan menyimpannya dalam-dalam sebagai wujud respon kita terhadap sesuatu hal. Kawan, akan aku perlihatkan padamu cuplikan kalimat yang menunjukkan perasaan Ikal ( salah satu tokoh dalam novel Laskar Pelangi ) kepada A Ling. Kalimat ini begitu indah makanya aku tertarik untuk mengutipnya.

Aku menatap A Ling dalam-dalam. Ia melihatku dengan cara bahwa aku tak mungkin kehilangan dirinya, dan ia tahu, bahwa dalam matanya itu, aku telah menemukan diriku sendiri, seorang lain yang pula telah kucari-cari sepanjang hidupku.Sekarang aku sampai pada satu titik pemahaman bahwa dari seluruh lika-liku hidupku, untuk perempuan inilah aku telah dilahirkan. Jarak antara kedua matanya adalah bentangan titik zenith dan nadir ekspedisi hidupku. Di dalam kedua mata itu, petualanganku menempuh benua demi benua, menyeberangi samudra, mengarungi padang, dan melawan angin, telah mencapai tujuannya. Aku jatuh cinta, sungguh jatuh cinta. Kini tak ada hal lain yang kuinginkan selain mencari nafkah dekat-dekat rumah saja,lalu segera pulang untuk perempuan ini, seseorang yang ingin kulihat kali pertama jika aku berangkat tidur dan kulihat kali pertama jika aku bangun.

Bagaimana Kawan? Sungguh tak bergetarkah hatimu mendengar kutipan kalimat itu?Kau tahu Kawan, aku sungguh terharu membaca kalimat-kalimat itu. Sungguh berbahagia rasanya jika dicintai seperti demikian. Seakan kita sangat berharga dan mulia. Demi kesetiaan pada hatinya Ikal rela berkeliling dunia, hanya untuk bisa menemukan A Ling. Sungguh tak ada lagi seorang pecinta seperti itu dewasa ini. Dan jika ada, mungkin kau butuh menunjukkannya padaku. Mungkin jika kau yang telah membaca tetralogi Laskar Pelangi terutama Maryamah Karpov maka kau akan tahu betapa besar pengorbanannya untuk A Ling. Aku sangat kagum dengan alur ceritanya. Setiap langkah kakinya untuk mewujudkan mimpinya. Dan kau tahu Kawan, cinta memberinya kekuatan untuk menghadapi segala mara bahaya yang menghadangnya. Cinta memberinya kekuatan. Banyak orang yang tersesat karena cinta tapi hal itu tak mengubah keagungan cinta. Karena bagi mereka yang mampu membawa keagungan itu maka ia akan menemukan arti cinta sesungguhnya yang tak mungin menyesatkannya.
Aku kagum bahkan sangat kagum pada kisah perjalanannya yang penuh tantangan, kesulitan, dan dramatis. Esensinya sebenarnya bukan hanya masalah cinta tapi lebih pada bagaimana kita berani menggapai mimpi kita meskipun semua orang menganggap hal itu tidak mungkin.  Dan Ikal adalah contoh tentang itu. Berapa kali dia gagal dan dicemooh banyak orang bahkan dia jadi bahan taruhan orang tapi itu tidak menyusutkan niatnya. Dan kado semua itu adalah pengalaman hidupnya yang sangat berharga dan sebagai bonus dia temukan A Ling.
Kawan, kata-kataku ini tak mampu menyampaikan isi hatiku bahwa “ Aku benar-benar mengagumi semua kisah itu “. Dan jika aku pun harus berteriak lantang untuk bisa mengungkapkan hatiku rasanya suaraku masih terlalu pelan karena tak mampu mengutarakan semua isi hatiku.
Aku berharap kisah cintaku bisa seindah itu. Meskipun tidak dengan jalan sama. Tapi aku ingin merasakan kebahagiaan sebanding dengan semua kebahagiaan yang aku rasakan saat aku ikut merasakan tiap rasa suka duka dalam kisah itu. Aku yakin tiap diri kita ingin merasakan cinta yang agung. Siapapun orangnya pasti berharap demikian. Bukankah makna cinta begitu luas? Cinta pada siapa saja  dan pada apa saja. Semoga kita semua bisa menggapai semua itu……..dengan cinta.
Amin……

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar